Langsung ke konten utama

Macam Macam Penyakit Pada Hidung

Penyakit pada Indra Pembau (Hidung)

1.      Influenza (Flu)
Influenza adalah penyakit yang ditandai oleh gejala batuk, pilek, dan terkadang suhu badan meningkat. Penyakit ini dapat sembuh tanpa obat. Jika influensa berlangsung lebih dari satu minggu atau menimbulkan panas, batuk, lendir, sampai sakit dada, maka penderita mengalami radang cabang tenggorokan (bronchitis) atau radang paru-paru (pneumonia). Maka segera periksakan ke dokter
2.      Alergi
Alergi disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam saluran tenggorokan. Saat terkena alergi, penderita biasanya akan mengalami bersin-bersin.
3.      Anosmia
Anosmia adalah gangguan pada hidung berupa kehilangan kemampuan untuk membau. Penyakit ini dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya cidera atau infeksi di dasar kepala, kebanyakan merokok, atau tumor otak bagian depan.
4.      Mimisan (pendarahan pada hidung)
Mimisan terjadi karena beberapa factor, misalnya kebiasaan membersihkan hidung menggunakan benda asing atau kebiasaan buang ingus yang terlalu keras saat pilek, maupun terbentur dengan benda keras. Akibatnya, kulit pada rongga hidung menjadi terluka dan mengeluarkan darah. Dapat di atasi dengan duduk dan memijat lubang hidung hingga tertutup. Pendarahan akan segera terhenti setelah beberapa saat.
5.      Disosmia
Dinosmia dapat mengakibatkan penderita mengalami perubahan penciuman sehingga penderita merasa selalu mencium bau yang tidak enak. Gangguan ini dapat disebabkan oleh infeksi didalam sinus, kerusakan parsial pada syaraf alfaktorius, kurangnya kebersihan mulut.
6.      Hiposmia
Hiposmia adalah kondisi dimana berkurangnya kemampuan untuk mencium bau. Ditandai dengan tidak dapat mencium bau sama sekali, maka pada hiposmia penderita hanya kehilangan sensitifitas bau tertentu.
7.      Hipernosmia
Hipernosmia juga merupakan salah satu gangguan pada indra penciuman, yaitu penciuman yang berlebihan. Namun gangguan ini sangat jarang terjadi.
8.      Polip Hidung
Polip Hidung adalah gangguan pada indra penciuman dimana penderita mengalami gangguan berupa adanya pertumbuhan sel yang bersifat jinak di selaput lendir hidung. hal ini bisa disebabkan oleh reaksi hipersensitif atau juga bisa karena alergi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Penyakit Pada Lidah

Penyakit pada Indra Pengecap (Lidah) Lidah adalah salah satu dari panca indra yang dimiliki oleh manusia yang sangat vital. Karena lidah berfungsi sebagai pengecap dan perasa baik itu rasa dari makanan atau minuman. Adanya kelaianan dan penyakit pada lidah pasti akan mengganggu aktivitas manusia. terutama ketika menikmati makanan. Selain itu, penyakit pada lidah juga mengurangi kenyamanan saat bicara, bahkan bisa juga menimbulkan bau tidak sedap.Lidah dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian depan untuk merasakan rasa manis dan asin, bagian pinggir untuk merasakan rasa asam dan asin, dan untuk bagian pangkal untuk merasakan rasa pahit. Namun, bagaimana jika lidah tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Maka dari itu kenali beberapa penyakit sebagai berikut: 1.       Sariawan Sariawan adalah gejala erosi pada lapisan epitel di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa perih ketika makan. Sariawan bisa terjadi di lidah atau pipi. Sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin A, ma

Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Saraf

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Saraf Susunan saraf manusia terdiri dari otak, Saraf belakang dan banyak lagi jaringan saraf yang menjangkau seluruh bagian tubuh. Sistem Syaraf merupakan suatu sistem organ yang terdiri dari ratusan, ribuan, bahkan jutaan serabut saraf. Bentuknya mirip seperti akar serabut, terdiri dari sel saraf yang saling terhubung antara satu sama lain. Sistem syaraf berfungsi untuk mengontrol semua koordinasi. Mulai dari rambut sampai ujung kaki. Sistem syaraf sangat berkontribusi bagi tubuh, pada bagian penginderaan, pendengaran, perasaan, dan pemikiran maupun koordinasi gerakan, serta fungsi tubuh lainnya. Maka dari itu, jika masalah penyakit atau gangguan yang menyerang sistem syaraf, imbasnya bukan hanya otak saja. Tapi hampir semua sistem tubuh akan terpengaruhi. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sangat berpotensi menyerang bagian syaraf pusat, sebagai berikut:  1.        Meningitis Meningitis adalah peradangan di bagian selapu