Langsung ke konten utama

Macam-Macam Penyakit Pada Mata

Penyakit pada Indra Penglihatan (Mata)

Mata adalah salah satu indra manusia yang sangat penting bagi kehidupan di dunia. Mengapa tidak???  Mata berfungsi untuk melihat berbagai macam warna yang ada di dunia ini mulai dari benda yang kecil maupun benda yang besar. Apabila kita tidak mempunyai mata, maka kita susah untuk berjalan, apalagi melakukan suatu aktivitas, bahkan kita tidak akan melihat berbagai macam ciptaan Tuhan yang sangat luar biasa. Maka dari itu kita harus bersyukur atas karunia yang Allah SWT berikan dan kita harus menjaga apa yang telah di berikan olehnya.
            Taukah kalian ada berbagai macam penyakit yang menyerang pada mata. Biasanya penyakit ini banyak di alami oleh orang dewasa maupun orang tua akan tetapi tidak jarang ditemui penderita pada usia anak-anak maupun balita. Saya akan memaparkan beberapa penyakit yang menyerang indra pengelihatan berikut ini:
1.     Miopi (Rabun Jauh)
Miopi adalah suatu gangguan yang ditandai oleh kehilangan kemampuan untuk melihat benda-benda yang jaraknya jauh dengan jelas. Akibatnya, penderita miopi tidak dapat melihat tulisan dari jarak jauh. Penderita miopi dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa cekung.
2.      Hipermetropi (Rabun Dekat)
Hipermetropi adalah suatu gangguan yang ditandai oleh kehilangan kemampuan untuk melihat benda-benda yang dekat dengan jelas. Akibatnya, penderita hipermetropi tidak dapat melihat tulisan dari jarak dekat. Penderita hipermetropi dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa cembung.
3.      Presbiopi (Mata Tua)
Presbiopi adalah suatu gangguan  yang ditandai oleh kehilangan kemampuan untuk melihat benda-benda yang jaraknya jauh maupun dekat dengan jelas. Gangguan ini umumnya diderita oleh golongan lanjut usia. Penderita presbiopi dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap.
4.      Rabun Senja
Rabun senja atau rabun ayam adalah gangguan penglihatan akibat kekurangan vitamin A. Akibatnya penderita rabun senja kesulitan melihat benda saat terjadi perubahan dari terang menuju gelap atau saat senja hari.
5.      Katarak
Katarak adalah gangguan lensa mata. Katarak dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B atau karena faktor usia. Katarak dapat disembuhkan dengan cara operasi katarak.
6.      Astigmatis (Mata Silindris)
Astigmatis adalah kelainan pada mata yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Hal ini terjadi karena penderita tidak mampu melihat garis-garis horizontal dan vertikal secara bersama-sama. Mata tidak mampu memfokuskan pandangan karena kornea mata tidak berbentuk bola. Kelainan ini dapat diatasi dengan memakai kacamata silindris.
7.      Keratomalasi
Keratomalasi ditandai dengan kornea mata yang keruh. Disebabkan karena kekurangan vitamin A yang sangat banyak. Jadi, penyakit ini merupakan tingkat lanjut rabun senja. Kekurangan vitamin A menimbulkan penebalan selaput lendir mata. Akibatnya, permukaan mata yang biasanya basah menjadi kering dan kasar (xeroftalmia/xerosis). Jika tidak segera diatasi akan menimbulkan kebutaan.
8.      Juling
Kelainan mata ini disebabkan adanya ketidak serasian kerja otot penggerak bola mata kanan dan kiri. Kelainan ini dapat diatasi dengan tindakan operasi pada otot mata.
9.      Glaukoma
Kelainan ini ditandai dengan peningkatan tekanan di dalam bola mata. Tekanan terjadi karena adanya sumbatan pada saluran di dalam bola mata dan pembentukan cairan di bola mata yang berlebihan. Kelainan yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan kebutaan. Kelainan ini dapat diatasi dengan obat-obatan yang harus diminum seumur hidup atau dengan tindakan pembedahan.
10.  Buta Warna

Buta warna adalah penyakit yang di tandai dengan susah membedakan warna tertentu. misalnya merah, hijau. dan biru. Buta warna merupakan penyakit keturunan yang tidak dapat disembuhkan. Buta warna lebih banyak diderita laki-laki dari pada perempuan.
Di atas merupakan contoh beberapa pemaparan penyakit pada mata, mungkin masih ada banyak lagi penyakit pada mata. Maka dari itu mari kita jaga mata kita dengan sebaik-baiknya sejak dini agar tidak terkena penyakit mata tersebut. Semoga bermanfaat untuk pembaca, dan menjadikan motivasi untuk selalu menjaga mata. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Macam Penyakit Pada Hidung

Penyakit pada Indra Pembau (Hidung) 1.       Influenza (Flu) Influenza adalah penyakit yang ditandai oleh gejala batuk, pilek, dan terkadang suhu badan meningkat. Penyakit ini dapat sembuh tanpa obat. Jika influensa berlangsung lebih dari satu minggu atau menimbulkan panas, batuk, lendir, sampai sakit dada, maka penderita mengalami radang cabang tenggorokan (bronchitis) atau radang paru-paru (pneumonia). Maka segera periksakan ke dokter 2.       Alergi Alergi disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam saluran tenggorokan. Saat terkena alergi, penderita biasanya akan mengalami bersin-bersin. 3.       Anosmia Anosmia adalah gangguan pada hidung berupa kehilangan kemampuan untuk membau. Penyakit ini dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya cidera atau infeksi di dasar kepala, kebanyakan merokok, atau tumor otak bagian depan. 4.       Mimisan (pendarahan pada hidung) Mimisan terjadi karena beberapa factor, misalnya kebiasaan membersihkan hidung menggunakan benda

Macam-Macam Penyakit Pada Lidah

Penyakit pada Indra Pengecap (Lidah) Lidah adalah salah satu dari panca indra yang dimiliki oleh manusia yang sangat vital. Karena lidah berfungsi sebagai pengecap dan perasa baik itu rasa dari makanan atau minuman. Adanya kelaianan dan penyakit pada lidah pasti akan mengganggu aktivitas manusia. terutama ketika menikmati makanan. Selain itu, penyakit pada lidah juga mengurangi kenyamanan saat bicara, bahkan bisa juga menimbulkan bau tidak sedap.Lidah dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian depan untuk merasakan rasa manis dan asin, bagian pinggir untuk merasakan rasa asam dan asin, dan untuk bagian pangkal untuk merasakan rasa pahit. Namun, bagaimana jika lidah tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Maka dari itu kenali beberapa penyakit sebagai berikut: 1.       Sariawan Sariawan adalah gejala erosi pada lapisan epitel di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa perih ketika makan. Sariawan bisa terjadi di lidah atau pipi. Sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin A, ma

Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Saraf

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Saraf Susunan saraf manusia terdiri dari otak, Saraf belakang dan banyak lagi jaringan saraf yang menjangkau seluruh bagian tubuh. Sistem Syaraf merupakan suatu sistem organ yang terdiri dari ratusan, ribuan, bahkan jutaan serabut saraf. Bentuknya mirip seperti akar serabut, terdiri dari sel saraf yang saling terhubung antara satu sama lain. Sistem syaraf berfungsi untuk mengontrol semua koordinasi. Mulai dari rambut sampai ujung kaki. Sistem syaraf sangat berkontribusi bagi tubuh, pada bagian penginderaan, pendengaran, perasaan, dan pemikiran maupun koordinasi gerakan, serta fungsi tubuh lainnya. Maka dari itu, jika masalah penyakit atau gangguan yang menyerang sistem syaraf, imbasnya bukan hanya otak saja. Tapi hampir semua sistem tubuh akan terpengaruhi. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sangat berpotensi menyerang bagian syaraf pusat, sebagai berikut:  1.        Meningitis Meningitis adalah peradangan di bagian selapu