Langsung ke konten utama

Macam Macam Penyakit Pada Kulit

Penyakit pada Indra Peraba (Kulit)



1.      Jerawat
Jerawat adalah penyakit yang biasanya muncul di wajah, leher, punggung, bahu, dada, bahkan di lengan atas. Jerawat disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran.
2.      Dermatitis
Dermatitis adalah penyakit peradangan pada kulit dan ditandai dengan kulit yang membengkak, memererah, dan gatal-gatal.
3.      Panu
Panu adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur dan menimbulkan rasa gatal. Rasa gatal akan semakin terasa jika terkena keringat.
4.      Kudis
Kudis disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Penderita akan merasa gatal yang luar biasa. Penyakit ini seringkali dijumpai pada anak-anak. Kudis biasanya ditemukan pada selah-selah jari tangan, pergelangan tangan, dan pinggang batas celana.
5.      Eksim
Eksim ditandai dengan badan yang meradang dan iritasi. Eksim disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya setelah memegang sabun ternyata tangan terasa gatal. Gejala yang timbul pada kulit bervariasi, ada yang terasa gatal ringan dan ada juga yang merasaan panas.
6.      Ketombe
 Ketombe adalah sejenis eksim yang mengenai kulit kepala. Ditandai dengan terbentuknya sisik halus yang mudah lepas dari kulit.
7.      Biang keringat
Biang keringat terjadi karena kelenjar keringat tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna. Keringat yang terperangkap tersebut menyebabkan timbulnya bintik-bintik kemerahan yang disertai gatal. Penyebebnya karena debu, dan kosmetik juga dapat menyebabkan biang keringat.cara menyembuhkannya dengan menaburkan bedak di sekitar biang keringat. Apabila bintik-bintik biang keringat sudah mengeluarkan nanah, sebaiknya segera periksakan ke dokter.
8.      Gangren
Gangren adalah kelainan pada kulit karena kematian sel-sel jaringan tubuh. Hal ini disebabkan oleh suplai darah yang buruk untuk bagian tubuh tertentu. Suplai darah yang buruk dapat disebabkan oleh penekanan pada pembuluh darah (misalnya, balutan yang terlalu ketat). Terkadang, gangren disebabkan oleh cedera langsung (gangren traumatik) atau infeksi.
9.      Biduran
Biduran disebabkan oleh udara dingin, alergi makanan, dan alergi bahan kimia. Biduran ditandai dengan timbulnya bentol-bentol yang tidak beraturan dan terasa gatal. Pencegahannya adalah dengan menghindari bahan makanan dan produk kimia yang menyebabkan alergi.
10.  Ringworm (Kurap)
Ringworm adalah sejenis jamur yang menginfeksi kulit. Infeksi ini ditandai dengan timbulnya bercak lingkaran di kulit. Pencegahannya dengan menjaga agar kulit tetap kering dan tidak lembab. Pengobatannya dilakukan dengan mengkonsumsi obat anti jamur.
11.  Psoriasis
Penyakit ini disebabkan adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Pada psoriaris terjadi aktivasi limfosit T yang tidak normal di kulit. Akibatnya menjadi radang kulit secara berlebihan. Gejala yang ditimbulkannya adalah kulit kemerahan yang dapat terjadi di kulit kepala, sikut, punggung, dan lutut.
12.  Kanker kulit
Penyakit kanker kulit disebabkan oleh penerimaan sinar matahari yang berlebihan. Penyakit ini lebih sering menyerang orang yang berkulit putih atau terang, karena warna kulit tersebut lebih sensitif terhadap sinar matahari. Pencegahan dapat dilakukan dengan tabir surya atau menghindari kontak dengan sinar matahari yang terlalu banyak.
13.  Purivitus kutanea
Penyakit kulit dengan gejala rasa gatal yang dipacu oleh iritasi saraf sensori porifer. Pruvitus kutanea juga disebabkan oleh kencing manis, penyakit hati, dan gangguan kelenjar tiroid.
14.  Kalvus (mata ikan)
Kalvus (mata ikan alias caplak ) memang salah satu penyakit yang jarang ditemui dewasa ini. Penebalan kulit yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri ini bahkan bisa membuat kaki berlubang meski tidak permanen. Untuk mencegah mata ikan timbul kembali, pakailah sepatu dengan bantalan telapak kaki yang baik, jaga berat badan ideal, dan pilih alas kaki yang sesuai.
15.  Kadas
Kadas atau kurap penyebabnya adalah Trichophyton. Infeksi biasanya menyebabkan bercak pink sampai merah yang kadang berbentuk bundar dan jernih tengahnya.
16.  Kutu air
Kutu air merupakan suatu infeksi jamur yang biasanya muncul pada cuaca panas/hangat. Biasanya disebabkan jamur yang bisa tumbuh di daerah yang lembab dan hangat, dan di sela-sela jari-jari kaki.
17.  Vitilogo

Vitiligo adalah gangguan pigmentasi kulit berupa bercak-bercak putih yang berbatas tegas. Penyebabnya bisa jadi ada riwayat keluarga, genetik, trauma fisik (burn/terbakar, zat kimia)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Macam Penyakit Pada Hidung

Penyakit pada Indra Pembau (Hidung) 1.       Influenza (Flu) Influenza adalah penyakit yang ditandai oleh gejala batuk, pilek, dan terkadang suhu badan meningkat. Penyakit ini dapat sembuh tanpa obat. Jika influensa berlangsung lebih dari satu minggu atau menimbulkan panas, batuk, lendir, sampai sakit dada, maka penderita mengalami radang cabang tenggorokan (bronchitis) atau radang paru-paru (pneumonia). Maka segera periksakan ke dokter 2.       Alergi Alergi disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam saluran tenggorokan. Saat terkena alergi, penderita biasanya akan mengalami bersin-bersin. 3.       Anosmia Anosmia adalah gangguan pada hidung berupa kehilangan kemampuan untuk membau. Penyakit ini dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya cidera atau infeksi di dasar kepala, kebanyakan merokok, atau tumor otak bagian depan. 4.       Mimisan (pendarahan pada hidung) Mimisan terjadi karena beberapa factor, misalnya kebiasaan membersihkan hidung menggunakan benda

Macam-Macam Penyakit Pada Lidah

Penyakit pada Indra Pengecap (Lidah) Lidah adalah salah satu dari panca indra yang dimiliki oleh manusia yang sangat vital. Karena lidah berfungsi sebagai pengecap dan perasa baik itu rasa dari makanan atau minuman. Adanya kelaianan dan penyakit pada lidah pasti akan mengganggu aktivitas manusia. terutama ketika menikmati makanan. Selain itu, penyakit pada lidah juga mengurangi kenyamanan saat bicara, bahkan bisa juga menimbulkan bau tidak sedap.Lidah dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian depan untuk merasakan rasa manis dan asin, bagian pinggir untuk merasakan rasa asam dan asin, dan untuk bagian pangkal untuk merasakan rasa pahit. Namun, bagaimana jika lidah tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Maka dari itu kenali beberapa penyakit sebagai berikut: 1.       Sariawan Sariawan adalah gejala erosi pada lapisan epitel di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa perih ketika makan. Sariawan bisa terjadi di lidah atau pipi. Sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin A, ma

Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Saraf

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Saraf Susunan saraf manusia terdiri dari otak, Saraf belakang dan banyak lagi jaringan saraf yang menjangkau seluruh bagian tubuh. Sistem Syaraf merupakan suatu sistem organ yang terdiri dari ratusan, ribuan, bahkan jutaan serabut saraf. Bentuknya mirip seperti akar serabut, terdiri dari sel saraf yang saling terhubung antara satu sama lain. Sistem syaraf berfungsi untuk mengontrol semua koordinasi. Mulai dari rambut sampai ujung kaki. Sistem syaraf sangat berkontribusi bagi tubuh, pada bagian penginderaan, pendengaran, perasaan, dan pemikiran maupun koordinasi gerakan, serta fungsi tubuh lainnya. Maka dari itu, jika masalah penyakit atau gangguan yang menyerang sistem syaraf, imbasnya bukan hanya otak saja. Tapi hampir semua sistem tubuh akan terpengaruhi. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sangat berpotensi menyerang bagian syaraf pusat, sebagai berikut:  1.        Meningitis Meningitis adalah peradangan di bagian selapu