Langsung ke konten utama

Macam Macam Penyakit Pada Telinga

Penyakit pada Indra Pendengar (Telinga)



1.      Penumpukan Kotoran
Penumpukan kotoran pada telinga dapat menghalangi getaran suara masuk ke gendang telinga sehingga pendengaran menjadi terganggu.
2.      Gendang Telinga Pecah
Pecahnya gendang telinga disebabkan oleh mendengarkan suara yang terlalu keras atau gendang telinga terkena benda tajam.
3.      Otosklerosis
Otosklerosis adalah kelainan pada tulang sanggurdi yang ditandai dengan gejala tinitus (dering pada telinga) ketika masih kecil.
4.      Presbikusis
Presbikusis adalah kerusakan pada sel saraf pendengaran yang pada umumnya terjadi pada usia manula.
5.      Radang Telinga
Radang telinga dapat terjadi di bagian luar maupun tengah. Radang telinga bagian luar terjadi karena bakteri jamur atau virus yang masuk melalui berbagai cara misalnya masuk bersama air ketika berenang. Radang telinga tengah (otitis media) dapat terjadi karena bakteri atau virus. misalnya virus influenza yang masuk dari rongga mulut melirlui saluran Eustachius.
6.      Tuli Mendadak (sudden deafness)
Tuli mendadak merupakan keadaan emergensi di telinga,dimana telinga mengalami ketulian secara mendadak, biasanya mengenai satu telinga. Keluhan yang timbul biasanya, terjadi penurunan pendengaran yang berat secaratiba-tiba dapat disertai telinga berdengung (tinitus) dan rasa berputar (vertigo). Diakibatkan oleh gangguan pada saraf telinga (rumahsiput / koklea) oleh berbagai hal seperti trauma kepala, trauma bising yang keras, infeksi virus, perubahan tekanan atmosfir.
7.      Labirintitis
Labirintitis merupakan gangguan pada labirin dalam telinga. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi, gegar otak, dan alergi. Gejalanya antara lain telinga berdengung, mual, muntah, vertigo, dan berkurang pendengaran.
8.      Motion sickness
Mabuk perjalanan atau disebut motion sickness. Mabuk perjalanan ini merupakan gangguan pada fungsi keseimbangan. Penyebabnya adalah rangsangan yang terus menerus oleh gerakan atau getaran-getaran yang terjadi selama perjalanan, baik darat, laut maupun udara. Biasanya disertai dengan muka pucat, berkeringat dingin dan pusing.
9.      Othematoma (telinga bunga kol)
Othematoma merupakan gangguan pada tulang rawan telinga yang sertai dengan pendarahan internal serta pertumbuhan jaringan telinga yang berlebihan, sehingga telinga tampak berumbai. Kelainan ini diakibatkan oleh hilangnya aurikel dan kanal auditori sejak lahir.
10.  Perikondritis

Perikondritis adalah infeksi pada tulang rawan (kartilago) telinga luar. Penyebabnya adalah cedera pada telinga, gigitan serangga, pemecahan bisul dengan sengaja. Nanah akan terkumpul diantara kartilago dan lapisan jaringan ikat di sekitarnya (perikondrium). Kadang nanah menyebabkan terputusnya aliran darah ke kartilago, menyebabkan kerusakan pada kartilago dan pada akhirnya menyebabkan kelainan bentuk telinga. Untuk membuang nanahnya, dibuat sayatan sehingga darah bisa kembali mengalir ke kartilago.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Macam Penyakit Pada Hidung

Penyakit pada Indra Pembau (Hidung) 1.       Influenza (Flu) Influenza adalah penyakit yang ditandai oleh gejala batuk, pilek, dan terkadang suhu badan meningkat. Penyakit ini dapat sembuh tanpa obat. Jika influensa berlangsung lebih dari satu minggu atau menimbulkan panas, batuk, lendir, sampai sakit dada, maka penderita mengalami radang cabang tenggorokan (bronchitis) atau radang paru-paru (pneumonia). Maka segera periksakan ke dokter 2.       Alergi Alergi disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam saluran tenggorokan. Saat terkena alergi, penderita biasanya akan mengalami bersin-bersin. 3.       Anosmia Anosmia adalah gangguan pada hidung berupa kehilangan kemampuan untuk membau. Penyakit ini dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya cidera atau infeksi di dasar kepala, kebanyakan merokok, atau tumor otak bagian depan. 4.       Mimisan (pendarahan pada hidung) Mimisan terjadi karena beberapa factor, misalnya kebiasaan membersihkan hidung menggunakan benda

Macam-Macam Penyakit Pada Lidah

Penyakit pada Indra Pengecap (Lidah) Lidah adalah salah satu dari panca indra yang dimiliki oleh manusia yang sangat vital. Karena lidah berfungsi sebagai pengecap dan perasa baik itu rasa dari makanan atau minuman. Adanya kelaianan dan penyakit pada lidah pasti akan mengganggu aktivitas manusia. terutama ketika menikmati makanan. Selain itu, penyakit pada lidah juga mengurangi kenyamanan saat bicara, bahkan bisa juga menimbulkan bau tidak sedap.Lidah dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian depan untuk merasakan rasa manis dan asin, bagian pinggir untuk merasakan rasa asam dan asin, dan untuk bagian pangkal untuk merasakan rasa pahit. Namun, bagaimana jika lidah tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Maka dari itu kenali beberapa penyakit sebagai berikut: 1.       Sariawan Sariawan adalah gejala erosi pada lapisan epitel di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa perih ketika makan. Sariawan bisa terjadi di lidah atau pipi. Sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin A, ma

Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Saraf

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Saraf Susunan saraf manusia terdiri dari otak, Saraf belakang dan banyak lagi jaringan saraf yang menjangkau seluruh bagian tubuh. Sistem Syaraf merupakan suatu sistem organ yang terdiri dari ratusan, ribuan, bahkan jutaan serabut saraf. Bentuknya mirip seperti akar serabut, terdiri dari sel saraf yang saling terhubung antara satu sama lain. Sistem syaraf berfungsi untuk mengontrol semua koordinasi. Mulai dari rambut sampai ujung kaki. Sistem syaraf sangat berkontribusi bagi tubuh, pada bagian penginderaan, pendengaran, perasaan, dan pemikiran maupun koordinasi gerakan, serta fungsi tubuh lainnya. Maka dari itu, jika masalah penyakit atau gangguan yang menyerang sistem syaraf, imbasnya bukan hanya otak saja. Tapi hampir semua sistem tubuh akan terpengaruhi. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sangat berpotensi menyerang bagian syaraf pusat, sebagai berikut:  1.        Meningitis Meningitis adalah peradangan di bagian selapu